Bahasan soal joint venture dan tips membuat proposal bisnis

Bahasan soal joint venture dan tips membuat proposal bisnis

Anda sudah pernah dengar yang namanya joint venture? Istilah ini begitu umum di pakai dalam kerjasama bisnis dua perusahaan loh. Joint venture ialah suatu hubungan kerjasama yang dilakukan antara dua perusahaan, biasanya perusahaan lokal dan luar negeri, buat membangun hubungan bisnis yang sama-sama untungkan kedua belah pihak. Lalu, apa bedanya joint venture sama partnership lain seperti capital venture (CV)? Yuk simak pembahasannya lebih lengkap!

Pengertian joint venture

Joint venture ialah perusahaan yang didirikan dua atau lebih entitas bisnis untuk membuat kesepakatan kerjasama bisnis dalam jangka waktu tertentu. Biasanya, perusahaan yang bekerjasama ialah pihak lokal dan asing. Kalau mengacu pada UU No. 25 Tahun 2007, joint venture ialah bentuk penanaman modal asing. Tujuan utamanya tentu saja ialah kasihkan kekuatan ekonomi kepada perusahaan induk buat peroleh keuntungan bersama.

Kalau dibandingkan sama bentuk kerjasama bisnis lainnya, joint venture miliki ciri pembeda yang mudah dipahami. Misalnya saja pada masalah jangka waktu. Joint venture miliki batas waktu kerjasama yang lebih singkat daripada CV. Pada masalah nilai pihak yang bekerjasama, joint venture lebih besar dari partnership atau kemitraan sebab joint venture libatkan dua atau lebih entitas bisnis yang digabungkan. Sedangkan partnership Cuma melibatkan satu entitas bisnis dengan pendirinya yang dapat dua atau lebih.

Kapan waktu yang tepat lakukan joint venture

Kalau anda pemilik bisnis yang lagi berpikiran buat meluaskan sayap bisnis dengan cara bekerjasama dengan pihak lain dan pertimbangkan bisnis dengan modal bersama, jadi inilah saat yang tepat untuk anda melakukan joint venture. Atau, jika kamu bekerja sama dengan pihak asing dalam hal penanaman modal, jadi saat itulah joint venture mesti dilakukan.

Bisnis yang wajib mendirikan joint venture

Berapa jenis bisnis yang wajib lakukan perusahaan joint venture ialah: pelabuhan, produksi, telekomunikasi, penerbangan, pelayanan, kereta api, air minum, pembangkit tenaga atom, dan media masa. Joint venture wajib dilakukan sama penanam modal asing terhadap perusahaan dalam negeri. Ini disebabkan bisnis termasuk penting buat negara dan pengaruhi hidup orang banyak. Sementara itu ada juga bisnis yang dilarang buat lakukan joint venture seperti peralatan perang, pertahanan negara, produksi senjata, mesin, dan alat peledakkan.

Hal yang mesti diperhatikan dalam joint venture

Sebelum anda mulai joint venture, ada baiknya perhatikan berapa hal penting terkait dengan sistemnya:

Tujuan khusus: perusahaan yang terlibat dalam joint venture wajib menyatakan tujuannya dalam persetujuan dan perjanjian yang dilakukan sebelum kerjasama dimulai.
Kesepakatan: antara pihak yang bekerjasama mesti ada kesepakatan yang disetujui dalam bentuk tertulis, yang rincikan soal kewajiban, rasio pembagian laba dan rugi, hak, serta kewajiban.

Durasi tertentu: jika tujuan kerjasama terpenuhi, pihak yang bekerjasama berhak akhiri hubungan bisnis itu, kecuali sudah ada kesepakatan sebelumnya yang menyatakan kalau kedua belah pihak tetap bekerjasama.

Pembagian keuntungan: di dalam joint venture yang dilakukan, dua perusahaan yang sepakat melakukan kerjasama mesti membuat perjanjian soal pembagian rasio keuntungan. Kalau tidak ada jadi keuntungan bakal dibagi rata.

Struktur usaha: pihak yang bekerjasama membuat usaha patungan dengan kontrol pada salah satu aspek; aktiva, operasi, atau entitas bisnis.

Manfaat joint venture

Kerjasama dua entitas bisnis dengan sistem joint venture datangkan banyak manfaat, antara lain:

-Menggabungkan sumber daya yang secara otomatis tingkatkan potensi keberhasilan usaha
-Gabungkan keahlian dan saling melengkapi kekuatan keahlian dari masing-masing entitas bisnis
-Menghemat uang dalam jalankan strategi bisnis, seperti pengeluaran buat iklan, pameran, dan publikasi produk

Pentingnya Proposal Bisnis

Proposal bisnis ialah dokumen yang dipakai buat tawarkan barang atau jasa tertentu kepada prospek dengan biaya yang ditentukan. Dokumen ini biasanya dipakai sama perusahaan B2B buat menangkan bisnis baru dan menarik investor. Proposal bisnis yang efektif memiliki ringkasan eksekutif, detail proyek utama, dan butuh juga tanda tangan klien. Mengirim proposal bisnis seringkali juga merupakan salah satu tahap pertama buat kembangkan bisnis.

Baca juga : 8 cara mulai bisnis startup untuk orang yang baru

Tidak peduli apakah anda baru di dunia bisnis atau veteran berpengalaman, buat peroleh modal investasi buat bisnis baru, anda mesti mengembangkan proposal bisnis untuk investor. Anda perlu tahu cara membuat proposal pendanaan dengan benar bisa membuat atau hancurkan ide bisnis bahkan sebelum ide itu keluar. Maka, anda tentu mesti tahu cara membuat proposal bisnis yang menarik investor. Simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Rencanakan proposal bisnismu

Sama seperti bisnismu perlu rencana, anda juga mesti membuat rencana sebelum susun proposal bisnis. Buatlah sketsa garis besar, buat spreadsheet, dan pelajari proposal bisnis lain. Anda mesti habiskan banyak waktu buat susun ringkasan eksekutif atau rencana bisnis yang koheren dan persuasif. Rencanakanlah buat habiskan waktu berminggu-minggu, kalau tidak berbulan-bulan, untuk sempurnakan proposal bisnismu.

Menyalin proposal milik bisnis lain tidak bakal membuat peluang menarik investor. Kamu perlu ingat kalau penyedia sumber daya mengevaluasi rencana tindakan spesifik yang anda punya, bukan ide bisnis umum. Ini juga berarti kalau investor yang anda pilih buat hadir mesti relevan untuk bisnis yang anda jalankan.

Tips membuat proposal bisnis

Mulailah dengan miliki pemahaman terperinci soal bisnismu sendiri, serta para pesaing yang anda hadapi dan pasar secara keseluruhan. Lakukan penelitian pada industri yang kamu coba masuki. Rencanakan setiap detail proposalmu dengan cermat. Penelitian yang kamu lakukan ialah dasar buat kepercayaan antara kamu dan calon investor.

Pada akhirnya, kunci buat kumpulkan dana ialah dengan miliki ringkasan proposal investasi yang dipikirkan dengan seksama. Business plan – situs web perencanaan bisnis yang sukses –sarankan para pemula buat siapkan proposal bisnis dengan sempurna. Investor mau anda bisa mendukung klaim yang kamu keluarkan. Kalau kamu lakukan presentasi secara verbal, pastikan kamu punya rencana bisnis tertulis buat dibagikan sama investor.

Kamu juga butuh kembangkan ekspektasi berdasarkan bisnismu, soal jenis investasi apa yang mau anda peroleh. Mengetahui gimana caranya meminta apa yang anda mau dimulai dengan mengetahui apa yang anda inginkan dan mengapa. Business plan sarankan biar kamu menjelaskan dengan jelas berapa banyak uang yang sudah diinvestasikan pada perusahaan Anda, dan berapa banyak lagi dana yang anda perlukan buat naik ke tingkat selanjutnya.

Kembangkanlah rencana tanpa cacat yang bakal mewakili bisnismu dengan baik. Para Investor Ahli mengklaim sudah melihat ide bisnis yang lemah menerima minat lebih dari yang diharapkan sebab proposal investasi ditulis dan dipikirkan dengan baik. Maka, luangkan sebanyak mungkin waktu buat susun proposal bisnis terbaikmu.

Yang mesti dimasukkan pada dalam proposal bisnis

Biarkan proposal bisnismu dipimpin sama fokus dan niat kembalikan uang investor kepada mereka melalui bisnismu. Pakai konsep ini sebagai perspektif buat menjawab pertanyaan investor sebelum mereka bisa bertanya: gimana saya bakal peroleh uang saya kembali? Berapa banyak untung yang bakal saya hasilkan? Investor cenderung sangat peduli dengan model pendapatan Anda, gimana anda bakal hasilkan uang.

Maka, buatlah proposal bisnis yang fokus terhadap berbagai langkah yang bakal anda ambil buat kembalikan dana yang dikeluarkan sama investor, dan pastikan anda pakai penyedia jasa layanan hosting terbaik di Indonesia buat mendukung kepentingan bisnis online. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *