Inilah Barang Yang Cocok Dijual Online Versi Google Trends

Apakah anda masih mencari cara untuk menjual produk secara online? Membuka toko online memang tidak membutuhkan biaya sewa atau karyawan yang dibutuhkan hanyalah domain dan web hosting. Namun, sebenarnya, tidaklah semudah itu. Membuka toko online bisa menjadi hal yang melelahkan, apalagi jika produk anda tidak terjual laris manis. Tujuan akhir anda pastinya mendapat keuntungan, bukan? Setidaknya, ada dua kunci untuk mendapatkan keuntungan, yakni memilih barang yang cocok dijual online dan memilih target konsumen yang tepat.

Google Trends adalah salah satu tool yang dapat anda gunakan untuk menentukan barang yang cocok dijual online. Google Trends menyajikan informasi tentang produk atau berita yang sedang hangat pada periode tertentu. Tool ini sangat membantu jika target pasar anda tidak hanya terbatas pada satu wilayah tertentu, melainkan pasar global. Anda bisa mengetahui apa yang sedang laku di pasar global dengan melihat Google Trends.

Nah, jika anda sedang mencari produk yang akan dijual, maka berikut adalah beberapa inspirasi barang yang cocok dijual online dan sedang banyak dicari di Tahun 2020 ini:

  • Barang Yang Cocok Dijual Online: Produk Body Shape

Sepertinya, ukuran tubuh yang ideal sepertinya masih menjadi standar emas di kalangan kaum muda, terutama wanita. Tidak heran jika produk-produk yang bisa membantu menghasilkan bentuk tubuh yang ideal masih menjadi idola di kalangan online shopper. Berikut adalah beberapa pilihannya:

Produk Anti-Selulit

Biasanya hadir dalam bentuk cream. Ini adalah kategori produk yang bisa dikatakan selalu ada dan selalu diminati. Jika ingin menjual barang semacam ini, ada beberapa trik yang bisa anda coba:

  • Carilah cream anti-selulit dari marketplace atau penyedia yang sudah diakui reputasinya. Jika tersedia, mintalah sampel gratis dari produk tersebut.
  • Buat kampanye iklan di Facebook Ad dan tawarkan sampel tersebut secara gratis (biaya pengiriman bisa dibebankan kepada konsumen).
  • Setelah mereka melakukan pembayaran, anda bisa memproses pengiriman. Minta email konsumen terlebih dahulu.
  • Tawarkan produk yang sama (versi kemasan utuh) sesuai harga standarnya;
  • Jalankan strategi email marketing untuk memberikan informasi dan edukasi seputar penurunan berat badan atau bahaya selulit bagi kesehatan dan kecantikan.
  • Tawarkan kupon diskon atau bonus produk untuk konsumen yang membeli produk standar.

Pakaian Pembentuk Tubuh

Satu lagi barang yang cocok dijual online versi Google Trends adalah pakaian pembentuk tubuh (shapewear). Permintaan terhadap produk ini diperkirakan akan terus meningkat, hingga mencapai penjualan senilai $5.6 milyar pada Tahun 2022. Kenaikan ini dipengaruhi oleh trend bahwa produk pembentuk tubuh, seperti camisole, telah menjadi bagian dari pakaian sehari-hari.

Banyak toko online menawarkan produk pakaian yang memberikan efek ramping bagi kaum wanita. Di masa lalu, pakaian jenis bodysuits masih termasuk kategori pakaian dalam. Meski kategorinya masih sama, namun pilihannya dan style yang ditawarkan semakin beragam. Bahkan, bodysuits tidak lagi sebatas pakaian dalam, namun juga sebagai atas dengan bentuk yang stylish.

Produk bodysuits bisa ditawarkan di toko online anda bersama kelompok produk lain, seperti pakaian dalam, fashion wanita, atau toko pakaian yang bersifat umum. Upayakan untuk mendapatkan produk shapewear dalam berbagai gaya, warna, dan ukuran, sehingga anda bisa memenuhi permintaan konsumen yang beragam.

Teh / Juice Detox

Ada beberapa produk teh dan jus yang ditawarkan dengan manfaat detox. Produk-produk berbahan dasar herbal memang sedang diminati, bukan hanya di pasar lokal, namun juga pasar global. Secara global, pasar jus dan teh detox mencapai $3.5 milyar. Anda bisa memulai dari satu jenis produk terlebih dahulu, dan kemudian melakukan ekspansi pasar maupun menambah jenis produk secara perlahan.

  • Barang Yang Cocok Dijual Online: Fashion dan Aksesoris

Produk fashion dan aksesoris tetap menjadi idola di antara barang yang cocok dijual online. Pakaian adalah kebutuhan sepanjang masa. Setiap era memilih gaya busana yang berbeda. Bahkan, trend busana bisa berubah dalam hitungan bulan atau bahkan hitungan minggu. Jadi, manusia tidak akan pernah lepas dari barang-barang fashion maupun aksesoris pelengkap penampilan.

Di antara begitu banyak produk fashion dan aksesoris, ada beberapa item yang sedang populer di Google Trends dalam beberapa bulan terakhir. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Perhiasan Minimalis

Perhiasan bergaya minimalis sedang mendapat momentum yang baik di masyarakat. Penjualannya tumbuh paling kuat dalam beberapa tahun terakhir. Menurut Google Trends menunjukkan angka pencarian yang tinggi. Lebih menarik lagi, persaingan dalam bisnis perhiasan justru mengalami penurunan, sementara permintaannya justru meningkat. Jadi, membuka toko perhiasan online dapat menjadi pilihan usaha yang menjanjikan bagi pengusaha baru atau pengusaha yang sudah memiliki toko online.

Untuk menjual produk perhiasan seperti kalung, ada beberapa trik yang bisa anda coba:

  • Promosikan produk anda di platform media sosial seperti Facebook, Instagram, atau Pinterest.
  • Buat video yang menggambarkan fitur produk yang anda jual. Video adalah salah satu media paling banyak dilihat di Instagram Search.
  • Posting gambar-gambar produk untuk meningkatkan keunggulan kompetitif produk anda.

Tas Ransel

Percaya atau tidak, tas ransel (backpack) menjadi salah satu produk yang banyak dicari menurut Google Trends. Permintaan terhadap tas ransel tumbuh tahun demi tahun, di mana bulan Agustus selalu menunjukkan trend tertinggi. Diperkirakan bahwa nilai penjualan tas ransel akan meningkat dari $19.1 milyar di tahun 2020 menjadi $22.5 milyar di Tahun 2023. Data ini menunjukkan bahwa tas ransel adalah produk aksesoris yang menjanjikan untuk dijual online dalam beberapa tahun ke depan.

Konsumen sasaran anda sangat bervariasi, mulai dari ransel anak, ransel untuk mahasiswa, dan ransel untuk orang dewasa. Jika sasaran anda adalah anak-anak, maka sasaran pemasaran anda adalah orang tua. Maka, platform iklan paling cocok adalah Facebook Ads, Instagram, dan Pinterest. Salah satu hal yang perlu dipertimbangkan adalah persaingan. Jika anda bersaing dengan kampanye pemasaran “back to school” lainnya, maka biaya iklan anda akan meningkat. Sementara itu, waktu yang ideal untuk meluncurkan toko maupun produk anda adalah sebelum tahun ajaran dimulai.

Namun, jika target anda adalah mahasiswa, maka anda bisa menjangkau mereka secara langsung melalui iklan Instagram. Anda bisa bekerja sama dengan influencer di Instagram. Selanjutnya, tas ransel yang menyasar orang dewasa cenderung lebih tahan terhadap musim naik-turun. Jadi, trend-nya akan tetap stabil sepanjang tahun.

Kemeja Kotak Hoodie

Siapa sangka jika pola kotak-kotak ternyata masih diminati sebagai gaya busana yang abadi dan populer. Meskipun pasar pakaian adalah niche yang penuh persaingan, busana motif kotak bergaya hoodie masih menjadi pilihan yang menarik untuk pengusaha yang ingin membangun bisnis pakaian. Google Trends menunjukkan kenaikan yang konstan dari tahun ke tahun, di mana jumlah pencarian bulanan untuk “kemeja kotak hoodie” mencapai 1.900. Ini menunjukkan kalau pasar untuk produk ini cukup kuat.

Untuk menjadikannya sebagai bisnis yang menjanjikan, sebaiknya piliha target pasar anda sendiri. Meski volume pencarian rendah, anda tetap bisa mengandalkan pencarian organik untuk mendorong penjualan. Ruang untuk pendatang baru masih sangat terbuka.

Jam Tangan Pintar

Secara global, sekitar 1.2 milyar jam tangan terjual setiap tahunnya, dan jumlahnya terus meningkat dari tahun ke tahun. Tahun lalu, terjadi kenaikan penjualan pada jam tangan bergaya minimalis. Di tahun 2020 ini, jam tangan pintar diprediksi akan menunjukkan kenaikan. Biasanya, lonjakan tertinggi terjadi pada bulan Desember. Namun, pada musim-musim tertentu, seperti musim panas, kenaikan juga bisa terjadi.

Sementara itu, saluran paling populer untuk mengiklankan produk jam tangan pintar, terutama bagi bisnis baru, adalah Facebook dan Instagram. Banyak toko online jam tangan bekerja sama dengan influencer media sosial, yang kemudian mengambil foto-foto bagus saat mereka bepergian.

Produk yang ditawarkan kini semakin beragam. Misalnya, jam tangan pintar kini tersedia dengan fitur Bluetooth, fitur penghitung langkah kaki, fitur pemantau tidur, fitur telepon dan SMS, kalender, perekam suara, kamera built-in, dan sebagainya. Bahkan belakangan, jam tangan pintar dengan fitur telepon dan video call semakin marak di pasar dan menyasar orang tua yang memiliki anak hingga usia sekolah.

Sepatu jala

Trend sepatu ala Korea sepertinya masih cukup berpengaruh dalam industri sepatu dunia. Hal ini terlihat dari tingginya permintaan terhadap sepatu jala (mesh shoes) menurut Google Trends. Ya, sepatu jala tidak lagi semata-mata sepatu olah raga, namun sudah menjadi bagian dari sepatu fashion sehari-hari. Sepatu jala untuk pria maupun wanita telah menjadi salah satu produk terlaris dalam dua tahun terakhir. Di tahun 2020, trend-nya diperkirakan masih sama.

Platform penjualan paling cocok adalah media sosial, seperti Pinterest, Facebook, dan Instagram. Namun, anda juga bisa mencoba iklan di Google Ads. Biaya iklan untuk produk ini masih relatif murah, namun anda juga bisa mendorong penjualan dengan bekerja sama dengan influencer. Strategi ini cocok untuk produk atau brand baru.

Potensi pasar sepatu jala masih cukup menggiurkan. Target pasarnya lebih luas dibanding sepatu olah raga biasa. Misalnya, anda bisa menyasar pada generasi tertentu atau Baby Boomer. Ya, anda bisa menemukan sepatu jala untuk berbagai kelompok usia dalam berbagai style yang berbeda pula. Sepatu jala cocok dikenakan saat liburan dan bahkan bisa dikenakan pada staf yang bekerja di restoran atau industri jasa lainnya. Intinya, potensi pasarnya sangat luas.

  • Barang Yang Cocok Dijual Online: Keperluan Bayi

Orang tua, terutama yang baru pertama kali memiliki anak, masih menjadi sasaran potensial untuk usaha online. Ada beberapa jenis barang yang cocok dijual online pada kategori keperluan bayi menurut Google Trends. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Kereta Bayi

Salah satu produk yang muncul di Google Trends akhir-akhir ini adalah kereta bayi. Daripada membeli stroller yang besar dan berat, banyak orang tua yang memiliki kereta bayi karena lebih kecil. Kereta bayi dapat digunakan untuk membawa bayi mereka selama beberapa jam. Untuk menjangkau orang tua atau calon orang tua, anda bisa memasang iklan di Facebook atau Instagram. Pasalnya, sasaran anda adalah kelompok dewasa muda yang memang sangat gemar menggunakan media sosial.

Jika anda ingin mencoba saluran lain, maka cobalah menjualnya di marketplace atau product listing lokal. Namun meski diingat bahwa sejumlah marketplace memungut komisi atas penjualan anda. Satu lagi strategi yang bisa dicoba adalah memberikan kode diskon atau bonus. Sebarkan informasi tersebut di kalangan orang tua atau calon orang tua. Target paling potensial adalah ibu atau calon ibu.

Pakaian Bayi

Ini adalah kategori barang yang cocok dijual online karena ringan, tidak mudah rusak saat pengiriman, dan selalu dibutuhkan setiap saat. Pakaian bayi termasuk kategori produk yang cukup luas. Anda bisa fokus pada sub-kategori tertentu atau menawarkan perlengkapan bayi secara lebih luas. Menurut Google Trends, kelemahan dari industri ini adalah pertumbuhannya yang relatif lambat, yakni sekitar 1% saja. Sebaliknya, keunggulannya adalah segmen pasar yang luas. Ada jutaan blogger wanita yang siap mempromosikan produk ada dengan komisi yang kecil.

  • Barang Yang Cocok Dijual Online: Perlengkapan Rumah

Karena ukuran yang besar dan bobot yang berat, perlengkapan rumah kerap dihindari oleh para pelaku bisnis online. Pasalnya, produk yang besar atau berat sering membebani penjual atau pembeli dalam hal ongkos kirim. Ternyata, ada beberapa jenis perlengkapan rumah yang justru menempati posisi teratas di Google Trends dalam beberapa tahun terakhir. Di antaranya adalah:

Tempat Tidur Hewan Peliharaan

Menurut Google Trends, tempat tidur anjing menunjukkan pertumbuhan yang kuat dalam hal volume pencarian di Google. Bahkan, produk ini mendapatkan rata-rata 234.000 pencarian setiap bulannya. Di posisi berikutnya adalah tempat tidur kucing. Nah, jika anda memiliki usaha pembuatan tempat tidur hewan peliharaan di rumah, maka anda bisa mempromosikannya pada platform seperti Instagram dan Pinterest, karena platform ini lebih mengutamakan tampilan visual.

Di Pinterest, anda bisa bergabung dengan kelompok yang memungkinkan anda mempromosikan produk kepada segmen konsumen yang lebih luas. Di Instagram, anda bisa bekerja sama dengan fan page yang terkait dengan hewan peliharaan. Jika bermitra dengan fan page tertentu, anda bisa memperlihatkan produk kepada audience yang lebih luas. Strategi ini cocok jika usaha anda baru saja dimulai.

Sarung Sofa Satu untuk Semua

Mengganti tutup sofa atau kursi adalah salah satu cara sederhana untuk mengubah tampilan interior di ruang tamu atau ruang keluarga. Tutup sofa juga penting untuk rumah tangga yang memiliki anak kecil atau memelihara hewan, serta pemilik properti yang ingin menyewakan asetnya di platform seperti AirBnB.

Penutup sofa dan kursi adalah produk yang populer di kalangan ibu rumah tangga karena produk ini menjaga furniture tetap awet dan nyaman bagi tamu. Tentunya, mengganti penutup sofa jauh lebih murah daripada memperbaiki atau merenovasi sofa kelak. Diperkirakan bahwa pasar produk ini akan tumbuh setidaknya 0.6% setiap tahun hingga Tahun 2023. Jadi, penutup kursi dan sofa dapat menjadi pilihan barang yang cocok dijual online dalam beberapa tahun ke depan.

Platform yang tepat untuk menjual produk ini adalah saluran yang jangkauannya luas, seperti Facebook dan Google. Jika anda ingin menggunakan AirBnB, maka pertimbangkan untuk mengintegrasikan geolokasi pada strategi akuisisi anda.

Nah, siap membuka usaha online atau beralih ke produk baru? Daftar barang yang cocok dijual online di atas adalah berdasarkan hasil Google Trends dalam beberapa tahun terakhir. Tentu saja, pencarian dengan mesin yang berbeda mungkin saja akan menunjukkan hasil yang berbeda pula. Setidaknya, daftar di atas dapat menjadi rekomendasi bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *