Keahlian Yang Harus Dimiliki Pakar (Master) SEO agar Web Ranking 1 Google

Seperti diketahui, SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization (SEO). Artinya, halaman web memiliki ranking yang lebih baik di mesin pencari. Lalu, apa yang dimaksud dengan ranking web dalam SEO? Ranking berarti posisi konten anda di halaman pencarian mesin pencari (SERP). Ranking #1 berarti bahwa ketika pengguna internet mencari istilah tertentu di mesin pencari, halaman web tersebut disajikan paling atas.

Tampil di peringkat 3 besar adalah sebuah pencapaian yang luar biasa dan sangat berpengaruh pada pendapatan bisnis online anda. Studi menunjukkan bahwa hampir separuh dari pengunjung meng-klik website yang berada di posisi 3 besar. Demikian juga dengan peringkat 10 besar. Lebih 95% dari pengguna internet tidak melewatkan halaman pertama. Namun tentunya, diperlukan waktu yang lama, upaya yang luar biasa, serta konsistensi agar sebuah halaman web bisa tampil di 10 besar, apalagi 3 besar.

Ranking Website dan Algoritma Mesin Pencari

Ketika orang ingin mendapatkan informasi, mereka akan mengetik sesuatu di mesin pencari. Kata-kata yang diketik atau diucapkan menggunakan ‘voice search” disebut kata kunci (keyword). Namun sebenarnya, mesin pencari tidak hanya semata-mata bekerja berdasarkan keyword. Untuk menentukan website mana yang menempati posisi pertama, kedua, dan seterusnya untuk kata kunci tertentu, mesin pencari menggunakan algoritma tertentu.

Mesin pencari juga memperhatikan kualitas informasi yang disajikan. Oleh sebab itu, optimasi website (SEO) menjadi sangat penting. Beberapa faktor yang digunakan untuk meng-indeks sebuah website antara lain:

  • Tujuan halaman web
  • Keahlian, otoritas, dan kepercayaan, bukan hanya dari situs dan konten website, namun juga dari pencipta masing-masing konten;
  • Kualitas dan jumlah konten
  • Informasi website dan info tentang pembuat konten
  • Reputasi website dan reputasi pembuat konten

Berdasarkan kriteria di atas, Google menyajikan hasil pencarian yang paling relevan dan berkualitas tentang apa yang sedang dicari pengguna internet. Website yang dinilai paling relevan disajikan paling atas, sedangkan sisanya disajikan secara berurutan sesuai algoritma yang digunakan mesin pencari.

Meski demikian, harus dipahami dengan jelas bahwa tidak pernah ada garansi kalau sebuah website akan masuk di halaman satu. Pasalnya, panduan SEO berubah setiap waktu, demikian juga sistem penentuan ranking yang digunakan oleh mesin pencari.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Pakar SEO Dalam Optimasi Website

Memang, tidak ada jaminan kalau sebuah website bisa menempati posisi pertama SERP. Namun, seiring dengan membaiknya reputasi dan kepercayaan terhadap website tersebut, maka rating web juga akan membaik. Upaya untuk memperbaiki kualitas website bisa dilakukan sendiri oleh pemilik website. Namun, bagi pemilik website yang tidak memiliki keahlian yang dibutuhkan untuk optimasi website, maka seorang pakar SEO dapat membantu.

Seorang pakar SEO dibekali sejumlah keahlian untuk optimasi website. Di antaranya adalah:

  1. Keahlian Menulis/Membaca

Meskipun anda melakukan optimasi untuk SEO yang tidak berbahasa Inggris, seorang pakar SEO harus memiliki keahlian bahasa Inggris yang bagus, baik lisan maupun tulisan. Hal ini akan membantu seorang pakar SEO meng-optimasi konten dalam Bahasa Inggris dan mengikuti setiap perubahan yang terjadi pada algoritma maupun industri SEO secara umum. menguasai SEO adalah sebuah proses yang terus-menerus dan sebagian besar buku panduan, video, maupun kursus online tersedia dalam bahasa Inggris.

  1. Keahlian Teknis tentang SEO

Keahlian ini berkaitan teknik SEO On-Page dan SEO Off-Page. Selain kemampuan menulis konten yang berkualitas, teknik SEO juga berkaitan dengan struktur konten, penggunaan kata kunci yang relevan, optimasi kata kunci, penggunaan link, distribusi kata kunci sesuai ketentuan SEO, penggunaa title, sub-title, meta deskripsi dan sebagainya.

entu saja, tidak semua orang bisa menulis, apalagi tulisan tersebut harus disusun senatural mungkin dan tidak melanggar ketentuan plug-in SEO yang digunakan. Keahlian seperti inilah yang diperlukan oleh seorang master yang membuka jasa SEO berkualitas agar website yang dioptimasi meningkat ranking-nya.

  1. Keahlian Membangun Link

Keahlian ini berkaitan dengan teknik SEO Off-Page, salah satu faktor kunci keberhasilan SEO. Seorang pakar SEO mestinya memiliki keahlian untuk mengelola kampanye website, baik melalui media sosial, gambar, video, infografik, dan sebagainya, dalam rangka mendapatkan link (backlink) berkualitas. Jika tidak, akan sangat sulit bagi seorang pakar SEO untuk mengoptimasi website.

Keahlian membangun link ditunjukkan dengan pengetahuan tentang bagaimana mempromosikan website di Internet serta apa yang harus dilakukan setelah mempublikasi konten. ini adalah tahap yang sangat penting dari proses SEO secara keseluruhan.

  1. Keahlian Analisis dan Pelaporan

Salah satu bagian besar dari pekerjaan seorang pakar SEO adalah mengumpulkan dan menganalisis data tentang ranking website yang sedang dioptimasi, riset terhadap kata kunci yang sedang digunakan, dan melakukan analisis terhadap situs saingan. Analisis data bukanlah pekerjaan mudah. Oleh sebab itu, seorang pakar SEO mesti dibekali dengan pengetahui tentang cara menggunakan Excel, Google Data Studio, Google Analytics, dan tool pelaporan lainnya yang disediakan oleh Webmaster.

  1. Keahlian Komunikasi dan Presentasi

Memang, seorang ahli SEO menghabiskan lebih banyak waktu di depan komputer untuk menaikkan peringkat website yang sedang dioptimasi. Namun, akan ada saat di mana seorang ahli SEO harus berkomunikasi dengan klien untuk mengetahui apa yang dibutuhkan dan untuk melaporkan status proyek optimasi website.

Jika seorang pakar SEO bekerja dalam tim, bisa saja mereka harus menyiapkan presentasi untuk pihak manajemen. Oleh sebab itu, seorang pakar SEO membutuhkan keahlian komunikasi maupun presentasi.

  1. Keahlian Pemograman

Meskipun pemograman dan pengembangan web bukanlah pekerjaan utama seorang pakar SEO, keahlian ini tetap menjadi nilai plus. Jika pakar SEO bekerja sebagai freelance, maka setidaknya mereka harus memahami cara mengedit halaman web dan melakukan tugas pemograman sederhana. Dengan demikian, mereka tidak perlu menyewa seorang pembuat web untuk mengerjakan hal-hal kecil pada website yang sedang dioptimasi.

  1. Keahlian Riset

Tidak ada hal yang pasti dalam dunia optimasi website (SEO). Seorang pakar SEO harus mampu menjawab berbagai macam persoalan. Pasalnya, setiap website pastinya memiliki kondisi yang bebeda-beda. Masalah atau pertanyaan bisa saja datang dari klien, dari bos, atau dari hal-hal yang sedang dikerjakan dan membutuhkan penyelesaian segera.

Oleh sebab itu, seorang pakar SEO harus memiliki kemampuan mencari informasi di internet. Pakar SEO mestinya memahami cara menggunakan Google pada tingkat lanjut, cara menggunakan tool analisis jaringan sosial media, dan cara mendapatkan informasi secepat mungkin secara online.

  1. Keahlian Pemasaran Digital

SEO hanyalah salah satu bagian dari pemasaran digital. Oleh sebab itu, seorang pakar SEO sebenarnya sedang merintis jalan karir untuk menjadi seorang manajer pemasaran digital. Seorang pakar pemasaran digital memiliki serangkaian keahlian, lebih dari sekedar SEO. Jadi, jika pakar SEO ingin menapaki karir sebagai pakar pemasaran digital, maka belajar tentang teknik-teknik pemasaran digital, seperti pemasaran melalui media sosial, iklan berbagai, pemasaran email, dan sebagainya adalah sebuah keharusan.

Nah, itulah beberapa keahlian yang mesti dimiliki seorang pakar SEO agar mampu menaikkan ranking website hingga ke halaman pertama atau bahkan peringkat 3 besar. Jadi, pastikan pakar SEO yang menjadi mitra anda memiliki kepabilitas tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *