Mengenal startup di Indonesia

Mengenal startup di Indonesia

Ada dua pertanyaan yang sering dibahas saat membahas dunia startup: kenapa para pemula benar-benar perlu mengerjar dan tingkatkan investasi? Dan apakah pendanaan startup merupakan suatu syarat kesuksesan suatu perusahaan startup?

Sebelum kita membahas kedua poin di atas dengan secara jelas, mari kita bahas dulu dna sebuah startup secara singkat, disini saya juga rekomendasikan anda untuk mulai bisnis dengan main di agen slot online.

DNA SEBUAH STARTUP

Buat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disebutkan di atas, kita mesti bahas DNA sebuah startup lebih dulu. Sekarang ini, istilah startup dipakai untuk menyebut suatu perusahaan teknologi besar hingga ke berbagai bisnis online. Padahal menurut Paul Graham dari Y Combinator satu-satunya syarat biar suatu perusahaan dapat dianggap sebagai startup ialah kecepatan pertumbuhan itu. Sebuah perusahaan startup memang dirancang untuk tumbuh dengan cepat.

Kebanyakan karakteristik yang kita kaitkan dengan startup-startup yang sukses – seperti pendanaan venture dan penggunaan software atau aplikasi sebagai sebuah model bisnis – bukanlah sebuah keharusan dalam membangun suatu startup. Namun kedua hal ini bisa menjadi alat ukur pertumbuhan usaha itu sendiri dimana pertumbuhan inilah yang tentukan apakah usaha itu dapat dibilang suatu startup atau bukan.

Ini juga menjadi sebuah kenapa fundraising atau penggalan dana menjadi elemen penting dalam suatu startup – untuk membantu pertumbuhan pesat bisnis itu.

Lalu mungkin Anda bertanya gimana sebetulnya proses pendanaan suatu startup?
PENDANAAN STARTUP

Ada berapa langkah yang biasa mesti dilalui dalam proses pendanaan startup. Langkah-langkah ini biasa disebut dengan istilah investment rounds. Miliki pengertian dalam soal investment round bisa begitu membantu Anda dalam menggalang dana buat bisnis Anda. Penggalangan dana ini dapat dilakukan buat bantu Anda memulai usaha Anda atau untuk menambah modal usaha Anda yang sudah berjalan.

Jenis – Jenis Investor Startup

Sebelum kita bahas langkah-langkah pendanaan startup, ada tiga jenis investor yang biasanya berinvestasi di dunia startup.

Angels

Angels atau Angel Investor ialah seorang individual yang membantu menaruh modal di sebuah startup. Sebagai gantinya, dia bakal terima obligasi konversi atau ekuitas.

Accelerator

Accelerator ialah pendaan dimana mereka kasihkan training buat para perusahaan startup. Setiap perusahaan startup yang mengikuti proses ini mesti lulus dari training pada waktu yang ditentukan, biasanya sesudah 3 bulan. Mereka bakal terima traning dan mentoring yang intensif sebelum akhirnya mereka bakal lakukan pitch di depan para investor yang dikasihkan nama Demo Day.

Venture Capitalist

Venture capitalist ialah investor yang siapkan modal buat bagi perusahaan-perusahaan startup. Sama dengan Angels, mereka juga bakal menerima ekuitas kepemilikan pada saat mereka menaruh modal di suatu perusahaan.

Nah, sudah kenal kan dengan orang-orang yang biasa jadi investor di dunia startup? Sekarang mari kita bahas langkah-langkah pendanaan startup.

Tahap-Tahap Pendanaan Startup
BOOTSTRAP

Kebanyakan perusahaan mulai dengan bootstrap. Bootstrap ialah suatu situasi dimana seorang pemilik usaha mulai bisnisnya dengan modal usaha kecil dari mereka sendiri. Seseorang bakal disebut lakukan bootstrapping kalau dia berusahaa mulai dan membangun perusahannya dengan biaya sendiri dan hasil untung dari bisnis itu.

PRE-SEED

Buat Anda yang lebih tertarik buat langsung lakukan penggalangan dana untuk memulai usaha, babak pertama dalam perjalanan funding Anda biasa disebut sama istilah pre-seed. Pre-seed ialah langkah pertama dalam perjalanan penggalangan dana Anda. Dalam tahap pre-seed, biasanya Anda bakal perkenalkan para pendiri usaha dan bisnis model Anda. Kemudian Anda bakal terima investasi kecil buat mulai proses bisnis Anda sebelum Anda lanjut pada babak berikutnya yakni Seed round. Yang biasa berinvestasi pada tahap ini ialah teman dan keluarga, angels, dan accelerators.

SEED

Modal dari seed round biasanya dimaksudkan buat bantu suatu bisnis untuk mulai bergerak lebih maju dari proses pengembangan produk. Dengan adanya investasi dari Seed round, diharapkan suatu bisnis bisa mulai lihat adanya pasar untuk bisnis mereka. Ini dapat dilihat lalui waiting list yang terus bertambah atau pertumbuhan untung dari bulan ke bulan. Tanda-tanda pertumbuhan itu bisa bantu Anda pada proses pendanaan berikutnya. Yang biasa berinvestasi pada tahap ini ialah angels, venture capitalists, dan accelerators.

SERIES A

Pada tahap ini, suatu bisnis diharapkan sudah miliki pertumbuhan yang jelas yang nantinya bakal terlihat dari untung yang diperoleh. Pada tahap ini, marketing dan sales ialah dua aktivitas bisnis yang penting. Untuk dapat tumbuh dengan pesat, suatu rencana marketing dan sales mesti mulai dikembangkan, mencari berbagai channel marketing baru, dan identifikasi audience yang mau Anda capai. Yang biasa berinvestasi pada tahap ini ialah venture capitalists dan super angels.

SERIES B

Pada langkah-langkah sebelumnya, suatu bisnis belum benar-benar miliki progress yang pasti. Dapat dikatakan di langkah-langkah sebelumnya, suatu usaha masih bereksperimen tentukan langkah apa yang sebaiknya mereka ambil selanjutnya. Selain itu, mereka juga dapat masih melihat apakah bisnis ini hasilkan untung yang janjikan. Di series B, investor bakal berharap Anda sudah pelajari semuanya dan Anda dapat pimpin bisnis Anda untuk terus bertumbuh berdasarkan apa yang sudah Anda pelajari.
Investasi series B biasanya dipakai buat membantu startup memperbesar bisnisnya – misalnya melalui business development dan strategi marketing yang lebih besar. Bisnis Anda juga dapat mulai ekspansi ke kota lain atau bahkan mengakuisisi bisnis lain yang Anda anggap dapat membantu kesuksesan bisnis Anda. Yang biasa berinvestasi pada tahap ini ialah venture capitalists.

SERIES C+

Series C ialah penggalangan dana dimana pemilik startup menggalang dana buat lakukan ekspansi besar-besaran, misalnya mengakses pasar baru (biasanya ekspansi secara internasional), atau mengakuisisi berbagai bisnis lain. Sejauh ini, investasi series C terbesar ialah sebesar 793.5 juta dolar Amerika oleh suatu startup bernama Magic Leap. Pada tahap ini, yang biasa berinvestasi ialah venture capitalists, bank, perusahaan ekuitas swasta, dan hedge fund atau pengelola investasi global.

Setelah series C, tidak ada lagi limit berapa investasi yang dapa Anda cari. Berapa startup bahkan sudah melalui series D, E, dan seterusnya. Startup unicorn seperti Uber dan Airbnb sudah melalui funding sampai series E dan F serta peroleh dukungan dari perusahaan ekuitas swasta dan bank.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *