Tingkatkan website conversion rate agar bisnis sukses

Tingkatkan website conversion rate agar bisnis sukses

Sudah banyak artikel yang membahas soal pentingnya tingkatkan traffic buat website Anda. Hal itu memang penting. Tapi Anda butuh sadari kalau peningkatan traffic saja tidak cukup. Bayangkan gimana banyaknya traffic Anda jadi sia-sia sebab pengunjung sekadar mampir tanpa lakukan kegiatan aktif yang bisa kasihkan impact buat usaha atau bisnis Anda. Inilah pentingnya lakukan sekaligus tingkatkan conversion rate saat main game slot online.

Pada dasarnya, artikel ini ialah panduan mendasar yang membantu Anda buat mengubah pengunjung website Anda yang pasif menjadi pengunjung aktif yang lebih terlibat dengan konten Anda bahkan terdorong untuk lakukan transaksi. Artikel ini bisa memandu Anda mulai dari dasar-dasar Conversion Rate Optimization (CRO).

Definisi Conversion Rate Optimization

CRO ialah metode di mana analisis dan umpan balik pengunjung dipakai buat tingkatkan kinerja webiste Anda. CRO ini bisa digunakan untuk perbaiki metrik website demi kepentingan bisnis Anda. Metrik itu sering juga disebut-sebut sebagai Key Performance Indicator (KPI), sebuah indikator kinerja yang butuh ditingkatkan. KPI biasanya terkait sama perolehan pelanggan baru (customer), pendaftaran (registration), unduhan (download), dan lain-lain. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, intinya ialah gimana arahkan pengunjung pasif Anda buat lebih aktif terlibat pada website Anda. Lebih jelas lagi, CRO ini berarti mencari tahu apa yang pengunjung website Anda cari ketika mereka mengunjungi situs Anda dan kemudian kasihkan apa yang mereka mau atau perlukan itu kepada mereka.

Pentingnya CRO bagi Website

Pertama, CRO jadi penting sebab seberapapun menarik desain atau performa website Anda dan seberapa bagus konten Anda, Anda butuh pengunjung Anda buat lebih aktif dalam berinteraksi dengan website Anda dengan cara yang lebih mudah dan efisien. Sebetulnya Anda bisa langsung saja gunakan jasa periklanan atau pemasaran tradisional yang biasa dilakukan sebuah perusahaan, tapi pemasaran seperti ini berbiaya mahal dan seringnya tidak tepat sasaran. Dengan CRO, Anda bisa identifikasi lebih dulu target pemasaran Anda dan temukan solusi tepat sekaligus efektif dalam mengembangkan bisnis Anda.

Selain itu, Anda butuh tahui kalau CRO ini tidak mengubah siapapun saja pengunjung aktif website Anda untuk menjadi pengunjung aktif secara begitu saja. Anda bakal targetkan orang-orang yang bakal benar-benar menyukai produk Anda. Orang-orang inilah yang bakal membantu Anda buat usahakan pemasaran Anda lebih mudah dengan kerelaan mereka memberitahu siapapun relasi mereka bakal betapa membantu dan sebab perusahaan Anda dalam penuhi kemauan atau keperluan mereka.

Sebetulnya investasi yang diterapkan melalui CRO ini lebih kepada tingkatkan keaktifan pengunjung website yang sudah ada dibanding menarik orang secara acak untuk menjadi pengunjung baru website Anda. Investasi ini bakal berdampak lebih efisien pada bisnis Anda.

Dengan CRO ini, Anda pun bisa jadi lebih unggul dibanding kompetitor Anda yang miliki bisnis atau usaha sejenis. Kenapa? Karena perusahaan Anda jadi lebih bernilai di mata pelanggan dibanding perusahaan kompetitor yang Cuma mementingkan pemasukan secara kasar tanpa perhatikan keperluan pelanggannya. Menjadi terdepan dibanding saingan bisnis Anda tentu begitu penting, karena dalam bidang ini persaingan dapat pengaruhi sikap atau keputusan pelanggan. Penilaian dari pasar yang lebih baik kepada Anda bisa menggiring lebih banyak orang buat beralih ke produk atau layanan Anda yang lebih unggul dibanding perusahaan sejenis lainnya.

Faktor-faktor yang memengaruhi Conversion Rate Optimization

Ada banyak hal yang butuh diperhatikan dalam mengembangkan website Anda demi kesuksesan bisnis yang Anda jalani. Terkait dengan konten, apakah gambar atau grafik pada konten Anda relevan, unik dan ditempatkan dengan benar? Apakah justru gambar atau grafik Anda itu menjadi pengalih perhatian atau fokus pengunjung yang sebetulnya butuh membaca teks penting Anda? Selain itu, cobalah lihat usability situs Anda. Apakah pengguna bisa lebih mudah temukan apa yang mereka cari di website Anda? Gimana tampilan website Anda, apakah website Anda mobile friendly (mengingat makin banyaknya pengunjung yang gunakan smartphone buat mengakses situs)? Selain itu, hal yang sangat utama ialah keamanan mereka yang terjamin dalam mengakses situs Anda. Apakah Anda bisa menjamin hal itu?

Jika diidentifikasi dengan lebih jelas, berikut ialah 6 faktor penting yang bisa dijadikan panduan dasar untuk tindakan CRO Anda:

Proposisi Nilai

Maksud dari aspek ini ialah gimana Anda prioritaskan untung dan manfaat yang dapat pengunjung Anda peroleh dari website Anda. Apa yang pengunjung dapatkan itu ialah hal yang mesti selalu jadi prioritas utama Anda sebagai perusahaan penyedia jasa dan layanan.

Relevansi

Aspek ini tunjukkan keterkaitan atau kecocokkan konten Anda dengan apa yang pengunjung perlukan. Apakah info atau keseluruhan konten yang Anda publikasikan pas sama apa yang pengunjung Anda cari, lebih khusus lagi akan apa detailnya yang mereka perlukan.

Kejelasan

Maksud dari aspek ini kembali perlu dikaitkan sama kedua aspek sebelumnya, yakni giman visi Anda buat pelanggan atau pengunjung bisa diketahui dengan jelas dan tentu sampai pada mereka. Lebih rincinya, gimana cara Anda sampaikan ajakan Anda pada mereka? Apakah cara itu membuat mereka mengerti visi Anda ataukah tidak?

Kecemasan

Hal utama dari aspek ini ialah Anda butuh meninjau ulang apakah ada elemen yang hilang dari website Anda atau web page Anda yang mungkin saja dapat timbulkan perasaan cemas atau ragu di benak pelanggan maupun pengunjung Anda. Cobalah untuk lebih teliti sekaligus lebih menyeluruh dalam meninjaunya.

Gangguan

Aspek gangguan ini berarti apapun yang bisa hilangkan fokus pengunjung Anda dari hal utama yang sebetulnya mau Anda sampaikan pada mereka. Cara mengujinya ialah dengan tempatkan diri Anda sebagai pengguna website, apa yang pertama muncul pada benak Anda saat mengakses website? Kesan apa yang muncul? Lalu cocokkanlah dengan visi perusahaan sebetulnya. Kemudian, apakah ada kontradiksi-kontradiksi yang tanpa sengaja dimuat dalam website Anda? Anda mesti pastikan kalau keseluruhan website Anda sesuai dan berjalan seiringan dengan visi perusahaan Anda.

Urgensi
Aspek ini bakal mendorong pelanggan atau pengunjung Anda untuk bertindak secepatnya, secepat saat mereka baru saja sampai pada situs Anda dan menyetujui atau menyukai visi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *