Tips peroleh uang dari blog

Tips peroleh uang dari blog

Beberapa orang percaya kalau dengan membuat suatu blog atau website, jadi pengunjung atau pembaca bakal datang dengan sendirinya. Pada tahun 90-an, mungkin itu dapat saja terjadi. Tapi, hari ini, ada jutaan situs web di Internet termasuk situs slot online.

Topik yang Anda tulis kemungkinan besar sudah pernah ditulis sama jutaan situs web lainnya. Situs web Anda sedang berkompetisi dengan jutaan situs web lainnya untuk memikat para pembaca. Blog yang Anda buat tidak dapat hasilkan apa-apa dengan sendirinya, juga tidak bisa hasilkan uang kalau tanpa adanya pembaca. Jadi, selain konten, pekerjaan sangat penting ialah marketing.

Ada banyak cara biar blog Anda kerap dikunjungi pembaca. Ini tergantung sama demografi pembaca, target pasar konten yang lagi Anda promosikan, dan sumber daya yang Anda miliki.

Sebenarnya, marketing bukanlah sesuatu yang susah, namun biar sukses tetap diperlukan pemahaman dan strategi. Pada postingan kali ini, kita bakal bahas konsep dasar marketing hingga Anda dapat terapkan strategi marketing yang paling pas untuk promosikan blog Anda. Sebagai tambahan, konsep marketing yang kita bahas ini dapat juga dipakai untuk promosikan diri Anda sebagai penulis lepas, atau keahlian Anda yang lain.

Berikut 4 konsep dasar marketing:
Tetapkan Target Pasar

Ada banyak pembaca yang tertarik sama berbagai info yang Anda tuliskan di blog. Tetapkan demografi pembaca berdasarkan usia, jenis kelamin, dan parameter lainnya. Untuk peroleh informasi soal siapa, domisili, dan gimana para pembaca sampai ke blog Anda, pakai fitur statistik yang ada di blog (Stats). Anda juga dapat pakai fasilitas dari pihak ketiga, Google Analytics misalnya. Google Analytics tawarkan data demografi yang lebih lengkap, jadi begitu direkomendasikan biar blog Anda dilengkapi sama Google Analytics.

Cari Tahu di Mana Target Pasar Anda Berada

Promosi yang Anda lakukan bakal sia-sia kalau tidak disebarkan pada tempat yang tepat. Maka, cari tahu di mana target pasar Anda berada, blog atau situs web, dan media sosial yang mereka pakai. Jangan Cuma terpatok pada promosi online, cari tahu juga soal majalah yang mereka baca, toko tempat mereka biasa berbelanja, atau acara-acara seperti apa yang mereka hadiri.

Membuat Topik yang Tepat

Sekarang Anda sudah tahu siapa dan di mana target pasar Anda, waktunya untuk menarik perhatian mereka. Cari tahu topik yang lebih spesifik, isu yang lagi mereka bicarakan, lalu kaitkan dengan topik yang sering Anda bahas di blog. Misalnya, blog ini sering membahas soal SEO dan cara tingkatkan trafik, dan kami tahu kalau para blogger kerap kali kebingungan soal SEO sebab dianggap terlalu rumit. Jadi, untuk menarik perhatian pembaca, kami membuat postingan seperti, “Gimana Meningkatkan Ranking Website di Google.

Sebarkan

Sesudah Anda punya topik dan postingan yang dapat menarik para pembaca, sebarkanlah ke berbagai media sosial yang paling banyak dipakai sama mereka, sebarkan di newsletter, dan lain-lain.

KEUNGGULAN VS MANFAAT

Ada berapa hal yang kerap susah dilakukan sama para pemula di bidang marketing. Pertama, cari tahu target pasar. Kedua, temukan pesan atau topik yang tepat untuk menarik para pembaca. Kebanyakan para pemula lebih sering fokus kepada hal-hal hebat soal blog mereka pada saat seharusnya mereka fokus kepada gimana blog mereka kasihkan manfaat kepada pembaca (benefit).

Misalnya, para pembaca mau info soal situs web penyedia layanan hosting murah atau gimana cara gunakan dashboard Panel, namun kami malah kasihkan pesan seperti “Kami ialah penyedia layanan hosting murah”. Pesan seperti ini sudah jelas bakal diabaikan sebab tidak cukup menarik dan eye catching. Sebagai contoh, “Dengan menggunakan layanan kami, jadi Anda bakal peroleh A, B, C, dan D,” ialah pesan yang dapat lebih menarik perhatian.

Pada saat Anda fokus kepada keunggulan, Anda Cuma fokus kepada diri Anda sendiri dan memaksa pembaca untuk berpikir hal yang sama. Namun, pada saat Anda fokus sama manfaat, ketika saat bersamaan tulisan Anda penuhi apa yang mereka mau atau perlukan. Coba bayangkan, apakah Anda bakal membeli dari sebuah perusahaan yang Cuma membual soal betapa hebat produk mereka atau kepada perusahaan yang menyampaikan apa manfaat produk mereka untuk Anda?

Membuat konten yang bermanfaat memang cukup menantang. Kami sarankan agar Anda mulai membuat daftar topik utama dari blog Anda dan manfaat apa yang dapat Anda tawarkan. Sebagai contoh, topik utama dari blog Anda ialah gimana cara peroleh penghasilan dari blog. Lalu apa manfaatnya bagi pembaca? Para pembaca ialah para blogger atau freelancer yang memang cari info soal hal yang Anda bahas. Maka, postingan Anda jelas bakal kasihkan manfaat untuk para pembaca.

Kesimpulannya, marketing bukanlah soal diri Anda, marketing ialah tentang gimana postingan Anda dapat bermanfaat buat orang lain. Pada saat Anda fokus saama bagaimana memecahkan masalah orang lain, jadi pembaca bakal datang dengan sendirinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *